!-- Header -->
Advertisement
Ratusan Umat Islam Lumajang Bergerak Bela Muslim Rohingya
Komunitas Peristiwa

Ratusan Umat Islam Lumajang Bergerak Bela Muslim Rohingya

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Ratusan umat Islam di Lumajang, Jawa Timur, menggelar aksi turun ke jalan menggalang dana untuk Muslim Rohingya Myanmar, Jum’at (14/9) siang.

Bertempat di Alun-Alun sebelah timur, mereka menggelar orasi. Sambil berorasi, para muslimah yang ikut aksi berbaris di pinggir jalan untuk menggalang dana.Tidak sedikit pengendara roda dua dan empat menghentikan kendaraanya lalu menyodorkan sejumlah uang untuk Muslim Rohingya.

Ustadz Imron, di hadapan para aksi simpatik, menyampaikan, Budha di Indonesia tidak bisa disamakan dengan Budha di Myanmar yang telah membantai Muslim Rohingya. Tapi perlu diingat, Islam bisa bangkit di seluruh dunia ketika jasadnya disakiti.

“Islam itu rahmatal lil’alamin. Save Indonesia, save Rohingya. Kita buktikan ketika buat aksi kita tak akan mengganggu pihak lain, apalagi melakukan tindakan anarkhis. Islam di Indonesia adalah Islam Bhinneka Tunggal Ika. Kita melakukan aksi simpati karena jasad kita yakni Muslim Rohingya dibantai, diusir, dipaksa mengungsi,” ujar Ustadz Imron.

Kalau umat Islam Indonesia tidak bisa datang langsung ke Myanmar, Ustadz Imron mengajak melakukan aksi solidaritas dan penggalangan dana.

Selain itu, Pengasuh Bahrus Syifa’ ini, meminta agar hadiah nobel yang diberikan kepada pemimpin Myanmar ini diambil lagi agar tidak melekat di dia. “Dia tidak pantas menerima hadiah Nobel karena membiarkan pembantaian terjadi di Myanmar terhadap umat Islam,” paparnya.

Pembantaian terhadap Muslim Rohingya, ungkap Ustadz Imron, tidak boleh dibiarkan terus terjadi. Untuk itu, melalui aksi demo dan aksi peduli ini, pihaknya mendesak Indonesia berada di garis depan ikut menyelesaikan tragedi kemanusian di Myanmar .

“Kita berdoa agar Indonesia damai, Muslim Rohingya bisa terselamatkan, Allahu Akbar!”, teriaknya.

Aksi tanda tangan peduli Muslim Rohingya.SYAM

Elemen umat Islam yang mengikuti aksi peduli Muslim Rohingya antara lain ; Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ikatan Dai Lumajang (IKADI), Salimah, Rumah Perubahan Indonesia (RPI), Bahrus Syifa, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Kokam Muhammadiyah, Yatim Mandiri, Pemuda Muhammadiyah, dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lumajang.

Perlu diketahui, hasil penggalangan dana untuk Muslim Rohingya hari ini mencapai sekitar Rp 18 juta lebih. SYAM