!-- Header -->
Ribuan Lowongan Pekerjaan hadir di Lumajang
Ekonomi Lumajang

Ribuan Lowongan Pekerjaan hadir di Lumajang

LUMAJANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Lumajang, Jawa Timur, kembali akan menggelar Job Market Fair (JMF), pada Rabu (18 September 2019). “Pada hari Rabu, dimulai pukul 08.00 sampai dengan 15.30 WIB atau setengah empat sore”, ujar Wastu Adi Riyono, Kepala Seksi Penempatan Tenaga kerja Dalam Negeri Disnakertrans Lumajang.

Dijelaskan, ada sekitar 30 perusahaan dari dan luar Kabupaten Lumajang yang ikut meramaikan JMF dengan lowongan pekerjaan sebanyak 1.500 lebih dengan berbagai tingkatan.

“Dengan persyaratan yang sudah disediakan sebelumnya, latar pendidikan, keterampilan khusus dan seterusnya diharapkan pencari kerja bisa lebih leluasa untuk memilih pekerjaan yang diinginkan”, ujarnya.

LOWONGAN KERJA : Ribuan Lowongan Pekerjaan disediakan di JMF. (Din)

Dikatakan, hampir 2 bulan pihak Disnakertrans melakukan pendekatan kepada perusahaan di daerah Lumajang sendiri.  Namun, hingga dengan tanggal 27 Juli 2019, target 30 perusahaan untuk ikut JMF tidak terpenuhi. Oleh karena itu, untuk mengejar target 30 perusahaan, pihaknya, berusaha untuk mencari di kabupaten lain yang dekat dengan Kabupaten Lumajang.

“Kita akhirnya dapat dari Probolinggo. Kenapa kami tidak sampai ke kabupaten lain yang lebih jauh? Umumnya dan ini seringkali terjadi, bahwa pencari kerja kita ini lebih menyukai yang penempatannya di daerahnya sendiri. Jadi, kita lebih mengutamakan dan mengabulkan keinginan pencari kerja”, paparnya.

Diharapkan, pada saat JMF digelar para pencari kerja datang ke lokasi dengan segala persyaratan yang ada, misalnya surat lamaran pekerjaan dan berkas pendukung lainnya.

“Pencari kerja bisa membawa lebih dari satu surat lamaran karena kita sediakan 30 perusahaan.  Misalnya ingin memasukkan 10 surat lamaran gak papa. Silahkan rebut peluang yang sudah ada itu”, tuturnya.

Soal apakah yang bersangkutan langsung diterima saat itu juga, atau masih ada interview lanjutan tergantung pada perusahaan masing-masing.

“Nanti di sana ada petugasnya. Tergantung dari masing-masing perusahaan apakah kualifikasi yang mereka butuhkan apa sudah ada apa belum”,ujarnya.

Dia menambahkan, JMF kali ini termasuk yang besar. Tujuannya adalah percepatan penempatan tenaga kerja.

“Pencari kerja butuh pekerjaan, perusahaan butuh tenaga kerja. Kita pertemukan sehingga keduanya sama sama mudah, cepat, dan gratis”, imbuhnya. (DIN)

Post Comment