!-- Header -->
Lumajang Politik & Pemerintahan Suara Desa

Seluruh Kecamatan di Lumajang 100% ODF

LUMAJANG – Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang Ny. Farina Thoriq, menyampaikan, seluruh kecamatan di kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dinyatakan terbebas dari kebiasaan buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

“Kecamatan Jatiroto, hari ini mampu mensukseskan deklarasi ODF. Kecamatan Jatiroto merupakan kecamatan ke-21 atau kecamatan terakhir yang mendeklarasikan ODF”, ujarnya saat menghadiri penutupan deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan, di Kecamatan Jatiroto, Lumajang, Jumat 26 Pebruari 20 2021.

Disampaikan, masalah jamban bukan perkara mudah. Banyak masyarakat yang tidak bisa terlepas dari kebiasaan lama seperti BAB di sungai maupun di kebun-kebun. Dia berharap seluruh pihak bahu-membahu mewujudkan Kabupaten Lumajang ODF. Dengan begitu kecepatan Kabupaten Lumajang akan masuk dalam penilaian kabupaten sehat.

DEKLARASI ODF : Ning Farin, dr. Bayu Wibowo, dan Camat Jatiroto saat Deklarasi ODF di Jatiroto Lumajang. RED

Ning Farin, panggilan tarifnya, berharap komitmen percepatan ODF ini mampu mengantarkan Lumajang meraih kembali Swasti Saba Wistara ( penghargaan kategori kabupaten sehat tingkat nasional).

Di tempat yang sama, Camat Jatiroto, Pujianto, menyampaikan, beberapa waktu lalu Pemerintah Kecamatan Jatiroto, bersama tim kecamatan yang dikoordinasikan dengan pemerintah desa, sudah membersihkan semua sungai.  Mulai dari perbatasan Desa Banyuputih Kidul hingga perbatasan Kabupaten Jember dibersihkan. Pihaknya, kata Pujianto, bersama tim kecamatan, selalu memberikan pendidikan terhadap masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan.

“Bersama tim kami terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menghindari atau mengurangi kebiasaan di sungai, agar mereka melakukan di jamban yang sudah dibangun”, paparnya. RED

Post Comment