!-- Header -->
Sungai Bondoyudo Banjir Akses Ke Perumahan Biting Kutorenon Putus
Peristiwa

Sungai Bondoyudo Banjir Akses Ke Perumahan Biting Kutorenon Putus

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang, Jum’at (17/11) sore, mengakibatkan banjir di beberapa tempat, termasuk di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Sukodono Lumajang.

Akibat hujan deras selama sekitar 4 jam tanpa henti, membuat aliran Sungai Bondoyudo yang melewati Dusun Biting meluap hingga ke jalan beraspal menuju Perum Bumi Biting. Hal ini mengakibatkan akses jalan menuju Biting lumpuh.

Pantauan Pedomanindonesia.com, para pengendara roda dua dan roda empat yang dari arah Perumahan Biting menuju Kota Lumajang atau yang hendak ke terminal Menak Koncar Wonoejo, terpaksa balik arah.

Beberapa pengendara roda dua yang nekat dan memaksa menerobos air setinggi paha orang dewasa itu, macet di tengah-tengah arus air yang semakin deras. “Wis ngerti banjir, sik mokso nerobos ae (sudah tahu kalau banjir kok masih maksa nerobos, Red)”, ujar orang-orang yang berkerumun menyaksikan banjir.

Banjir di Biting ancam persawahan.

Untungnya, masyarakat Perum Biting yang berada di lokasi langsung bergegas membantunya. Sekedar diketahui, selain karena hujan yang sangat deras banjir Sungai Bondoyudo ini karena menyatunya air sungai dari Kali Ploso Desa Tannggung, Kali Rowokancu Desa Kalisemut, dan Kali Brutu Kedung Jajang.

Hingga berita ini dipublikasikan, ketinggian air belum juga turun. Siapapun yang hendak ke Perumahan Biting Indah, Kutorenon, Sukodono, terpaksa harus berputar lewat Desa Dawuhan Lor atau yang lebih dikenal lewat daerah Pak Jalil. FIK