!-- Header -->
Politik & Pemerintahan

Tahapan Pilkada Banyuwangi Masih Lancar

BANYUWANGI  – Menjelang pemilihan Kepala Daerah Banyuwangi, pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Jawa Timur, sudah melaksanakan tahapan dan persiapan.
Tahapan yang kini sedang dilakukan yaitu pencocokan dan validasi.

Ari Mustofa, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Banyuwangi, menuturkan, saat ini sedang dilakukan tahapan coklit yang dimulai sejak 15 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020 yang dilakukan oleh petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang berjumlah 3.745.

Di era pandemi Covid-19, KPU Banyuwangi melakukan persiapan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dalam membantu upaya pemerintah untuk meminimalisir penularan Covid-19, PPDP juga diwajibkan memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap dan wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Dalam melakukan coklit tentunya petugas PPDP juga diberikan bekal Face Shield dan alat-alat penunjang protokol kesehatan lainya untuk mencegah penularan covid-19″, ujar Ari, panggilan karibnya.

Kepada Pedomanindonesia.com Ari juga mengatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam melakukan tahapan dan persiapan menjelang pilkada di era pandemi.

“Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti karena kami bekerja sesuai aturan. Jadi, setiap kendala bisa diminimalisir”, pungkasnya. Untuk memperlancar jalannya pelaksanaan pilkada, KPU Banyuwangi juda sudah melakukan sosialisasi.

“Pada tanggal 6 Agustus lalu, sudah dilakukan sosialisasi dengan menghadirkan Forpimda, FKUB dan para bacalon. Pada tanggal 11 Agustus juga dilakukan sosialisasi lagi, menghadirkan parpol dengan memberikan penjelasan tentang syarat-syarat pencalonan dengan menghadirkan KPU Provinsi”, pungkasnya.

Dalam jangka waktu dekat KPU Banyuwangi akan mengumumkan dibukanya pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati. Diumumkan pada tanggal 28 Agustus  hingga 3 September 2020. Selanjutnya tahapan pendaftaran berlangsung selama 3 hari pada tanggal 4,5,6 September 2020.

“Pengumuman pendaftaran mulai 28 Agustus sampai 3 September 2020, sedangkan untuk pendaftaran dibuka 3 hari yakni tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020”, imbuhnya. WAN-RED

 

 

 

Post Comment