!-- Header -->
Tahun 2017 AKI dan AKB Menurun
Kesehatan

Tahun 2017 AKI dan AKB Menurun

LUMAJANG, PEDOMANINDONESIA.com – Bupati Kabupaten Lumajang, Drs. As’at, M.Ag, menyampaikan pentingnya menjaga pola hidup sehat, pada saat upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017.

“Sehat memang bukan segalanya, tetapi apa bila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya”, pungkas Bupati As’at, Senin (20/11/2017).

Upacara HKN ke-53 tahun 2017 bertema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, digelar di halaman Pemkab Lumajang.

Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid, Sp.M (K), yang dibacakan Bupati As’at, mengimbau masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya. Puskesmas dan tenaga kerja harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih melalui pendekatan keluarga.
Bupati berpesan kepada seluruh insan kesehatan Kabupaten Lumajang agar memberikan keteladanan, meningkatkan profesionalisme, bekerja lebih ikhlas dan tekun, lebih berempati dan memperhatikan kebutuhan masyarakat, untuk lebih memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Bupati mengaperesiasi atas keberhasilan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Tahun 2015 AKI di Kabupaten Lumajang berjumlah 23 orang. Pada tahun 2016 turun menjadi 18 orang. Dan tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 7 orang. Sedangkan AKB di tahun 2015 sejumlah 191 bayi, tahun 2016 turun menjadi 171 bayi, dan pada tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 103 orang”, paparnya.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan, khususnya untuk para insan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Bupati Lumajang kemudian menyerahkan 43 penghargaan mulai tingkat nasional sampai tingkat daerah. Ada 15 penghargaan diserahkan berkat konsistensi mendonorkan darah sebanyak 100 kali. DIN