!-- Header -->
Pendidikan dan Agama Peristiwa

Tetap Menggelar Wisuda di Tengah Corona Merajalela

JEMBER – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shidiq Jember, tetap menggelar wisuda Sarjana, di gedung Serbaguna di depan Kampusnya, Selasa (29 Juni 2021). Padahal, sesuai dengan data dari Provinsi Jawa Timur, lokasi kampus UINKHAS Jember di Wilayah Kecamatan Kaliwates berada di zona merah sejak kemarin.

Muspika Kaliwates, Camat, Danramil, dan Polsek serta 3 pilar dari Kelurahan Mangli, turun langsung ke lokasi di Gedung Serbaguna Kaliwates Jember. Bambang Saputro, SH, M.Si, Plt Camat Kaliwates, mengatakan, dirinya menerima laporan dari panitia pelaksana bahwa panitia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Ada 200 mahasiswa yang kursi tempat duduknya dijaga agak jauh, prosesinya dipersingkat, dan wisudawan telah diswab antigen,” kata Bambang di sela -sela acara wisuda yang sedang berlangsung.

Bambang menambahkan, sebenarnya, kedatanga Muspika supaya acara wisuda tidak dilanjutkan. “Tetapi, dengan melihat kondisi seperti ini, proses sudah di tengah jalan tentunya kita melihat situasi dan kondisi di lapangan,” paparnya.

Bambang berharap, acara wisuda besok dilakukan secara daring. Pantauan Muspika secara langsung, prosesi di dalam gedung sudah sesuai dengan prokes, sebab panitia menerapkan dengan ketat. Setiap wisudawan menggunakan masker dan faceshield, keluarga wisudawan tidak diperkenankan masuk ruangan. Demikian pula acara foto tidak diperkenankan. Acara di dalam gedung berlangsung sangat singkat (hanya sekitar 1 jam) untuk 200 wisudawan. Hanya acara inti yaitu pengalihan pita pada topi toga dan pemberian Piagam Tanda Kelulusan.

Sementara itu, Zaenal Abidin, protokoler panitia pelaksana kegiatan, mengatakan, acara wisuda itu sudah mendapatkan ijin dari Satgas Covid-19 Kabupaten Jember. “Kami telah melayangkan ijin kepada satgas covid-19 kabupaten Jember,” kata Zaenal.

TETAP WUSADABmUniversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shidiq Jember, tetap menggelar wisuda Sarjana, di gedung Serbaguna di depan Kampusnya. RED

Permohonan ijin melangsungkan wisuda itu telah dijawab. Satgas Covid-19 membalas surat dan diterima sepekan lalu. “Kami diminta untuk betul-betul menjaga prokes. Dan itu telah kami lakukan,” katanya.

Peta sebaran Covid-19 berubah sangat cepat di luar dugaan. Per Senin (28/6/2021) daerah Kecamatan Kaliwates masuk zona merah. Jika mengacu pada peraturan, maka kegiatan yang menimbulkan kerumunan pada zona merah tidak diperkenankan.

“Gak mungkin kita batalkan tadi pagi itu kan? Yang jelas kami panitia dan pimpinan UINKHAS, berikhtiar semaksimal mungkin untuk menerapkan prokes di ruangan ini”, paparnya.

Dia meyakinkan, bahwa sebelum acara digelar setiap wisudawan menyerahkan hasil tes swab antigen. Ketika ditanya wartawan perihal acara besok, Zaenal berkata, itu pimpinan nanti yang memutuskan.

Pantauan media ini, para wisudawan-usai mengikuti prosesi-langsung meninggalkan gedung Serbaguna dan disambut hangat oleh keluarga masing-masing. Mereka berfoto dengan keluarga dan teman-teman. Namun, sangat disayangkan, banyak dari wisudawan melepas faceshield dan masker serta tidak menjaga jarak satu dengan lainnya. Kendaraan di luar gedung juga berjubel dan diisi oleh sedikitnya 3 orang anggota keluarga. RZE-RED

Post Comment