!-- Header -->
Advertisement
Tidak Membuka Lamaran Cabup Partai Gerindra Andalkan Survey
Politik & Pemerintahan

Tidak Membuka Lamaran Cabup Partai Gerindra Andalkan Survey

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Tidak seperti partai lain pada umumnya. Partai Gerindra tidak membuka pendaftaran calon bupati (cabup). Langkah ini mereka lakukan agar tidak terjadi perpecahan dan konflik internal Partai Gerindra.

“Kita tak ada penjaringan cabup dengan cara pendaftaran. Konvensi juga tidak ada. Yang ada hanya survey yang dilakukan oleh DPW Gerindra Jatim,” ungkap Gatot, Ketua DPC Partai Gerindra, Senin (24/7) siang.

Sedangkan tugas DPC Partai Gerindra Lumajang, melakukan komunikasi dengan cabup yang ingin berkomunikasi. Hasil komunikasi ini kemudian disampaikan kepada tim penjaringan DPW untuk diteruskan ke DPP. “Misalnya ada 4 nama yang sudah berkomunikasi dengan kita, maka keempatnya yang kita sampaikan ke DPW untuk selanjutnya dipilih 2 nama untuk disodorkan ke DPP. Jadi tak ada pendaftaran. Kalau gak ada komunikasi dengan kita di DPC ngapain kita sampaikan ke DPW?,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kursi Partai Gerindra Lumajang di dewan hanya 5, untuk itu perlu membangun koalisi dengan parpol lain. Koalisi menurut Gatot, bisa dilakukan dengan parpol apapun. Namun, jika dlihat peta politik di pusat, maka koalisasi bisa dibangun dengan PAN dan PKS.

“Soal koalisi kira-kira dengan parpol apa, arahnya kemana belum ada. Kalau merunut koalisasi yang di pusat, ya idealnya dengan PKS dan PAN sudah bisa berangkat. Tapi ini juga belum ada. Pada saatnya pasti ada koalisi karena kita cuma 5 kursi,” imbuhnya. FIK