Advertisement
!-- Header -->
Komunitas Lumajang Politik & Pemerintahan

Tiga Poin Penting Pertemuan La Nyalla dengan Bupati Lumajang, Apa Saja?

Advertisement

LUMAJANG – Bertempat di Pendopo Kabupaten Lumajang, Senin (13/9/2021l), Ketua DPD RI, Ir. H. AA. La Nyalla Mahmud Mattalitti, bertemu dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq). Turut mendampingi Ketua KADIN Lumajang, Agus Setiawan, SE.

Dalam pertemuan tersebut, Nyala, panggilan La Nyalla Mattalitti, menyampaikan, satu tugas Ketua DPD salah satunya adalah mengawasi dan menerima aspirasi dari daerah.

“Ada dua yang dilaporkan, salah satunya mengenai masalah bencana yang harus dipercepat oleh BNPB. Nanti kita bantu lewat cara kita agar bantuan perbaikan rumah warga akibat gempa segera direalisasikan. Tidak perlu ditanyakan kenapa kok sampai 5 bulan tidak direalisasikan”,  tukas Nyalla.

Selain itu, Nyalla juga menyampaikan kepada Bupati, bahwa KADIN di Lumajang yang asli adalah KADIN pimpinan Agus Setiawan, tidak ada KADIN yang lain.

“Tadi sudah saya menjelaskan juga masalah KADIN Lumajang. Bahwa KADIN asli itu KADIN Pak Agus Setiawan. Pak Bupati sudah paham lah yang asli dan yang palsu”, ungkapnya.

Sementara itu Bupati Lumajang, Cak Thoriq menyampaikan, dirinya sudah lapor ke La Nyalla sebagai Ketua DPD yang ada di dewan perwakilan daerah terkait dengan bencana gempa sekitar 5 bulan lalu-yang sampai sekarang-belum ada realisasinya untuk bantuan dari APBN berupa pembangunan rumah permanen bagi yang benar-benar terdampak. Itu merupakan bantuan yang harus diterima. Itu mandatory sesuai dengan aturan undang-undang.

“Itu kami sampaikan kepada beliau, mohon kami dibantu percepatannya. Supaya masyarakat yang sekarang itu masih hidup di rumah atau hunian sementara bisa segera membangun rumahnya kembali dan hidup layak”, ungkapnya.

KUNJUNGAN : La Nyalla Mattalitti DPD RI bersama KADIN Lumajang, saat berbincang-bincang dengan Bupati Lumajang, Cak Thoriq. RED

Dikatakan, hampir 5-6 bulan pihaknya, kata Cak Thoriq, berkirim surat beserta verifikasi juga sudah disampaikan. List datanya.

“Tapi mungkin masih perlu proses penelaahan lebih lanjut. Kami mohon ada percepatan yang pertama”, paparnya.

Lalu yang kedua, kata Cak Thoriq, di Lumajang ada kawasan atau area yang masih kekurangan kebutuhan air bersih, yakni di wilayah utara. Atas hal ini, La Nyalla memberikan usulan terkait program SPAM Regional.

“Karena yang diajak beliau adalah teman-teman KADIN yang lintas daerah, di tingkat pusat dan provinsi, kami sampaikan bilamana ada pengelolaan SPAM Regional yang berbasis kerjasama pemerintah dengan badan usaha ada tindak lanjut, tentu bisa menyelesaikan hal kebutuhan dasar kami Kabupaten Lumajang wilayah utara untuk kebutuhan air bersih. Apalagi kita punya sumber mata air brutu Kedungjajang yang debit airnya 1000 liter lebih perdetik”, ungkapnya.

Yang ketiga soal KADIN. Bupati nanti akan menindak lanjuti surat yang disampaikan kepada Bupati dari Ketua KADIN Jatim, La nyalla sekaligus anggota DPD. “Nanti kita tindak lanjuti. Semoga ini menjadi sinergitas yang tersambung. Alhamdulillah saya bersama beliau sudah bersilaturahim, saling berkomunikasi, tukar pikiran. Dan beliau betul-betul memperhatikan soal program-program daerah yang memang harus dioptimalkan dan itu fungsi beliau sebagai ketua DPD RI”, ungkapnya.

Selain itu, La Nyalla berjanji akan membantu percepatan vaksinasi di Lumajang melalui KADIN.

“Kita bantu. Kita perintahkan KADIN Lumajang untuk membantu bupati. Nanti biar kita mintakan vaksin di luar Polri-TNI untuk membantu pak Bupati. Nanti biar KADIN yang melaksanakan. Membantu Bupati”, imbuh La Nyalla. RED

Post Comment