!-- Header -->
Kesehatan Pendidikan dan Agama Politik & Pemerintahan

Tokoh Lintas Agama Bersatu Pray From Home

JEMBER – Dihadiri Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, beserta para menteri kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI, kapolri, gubernur, bupati dan walikota seluruh Indonesia, para pemuka agama, serta seluruh masyarakat Indonesia, Minggu (11/07/2021),  14.00 WIB, digelar acara doa bersama Pray From Home.

Acara yang yang secara resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini, disiarkan secara langsung di kanal yutube kemenag dan TV nasional serta kanal kanal berita online lainnya.

Menteri Agama dalam sambutannya, mengatakan, sebelumnya, Sabtu, 10 juli 2021, tepat pukul 10.07 WIB, telah dilakukan hening cipta Indonesia untuk mengenang tenaga kesehatan, pemuka agama, guru, dosen, pegawai negeri dan karyawan, pejabat publik TNI, Polri, aktifis kemasyarakatan, pemuda dan masyarakat yang meninggal karena covid 19.

“Di tengah pandemi covid-19 ini kami mengajak masyarakat untuk senantiasa berdoa sesua agama dan keyakinan masing2, agar Allah SWT memebri rahmat, ampunan dan perlindungannya kepada bangsa Indonesia dan seluruh umat manusia,” lanjut Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Disampaikan, dalam agama diajarkan bahwa doa adalah senjata orang yang beriman. Doa adalah penenang jiwa dan doa adalah penumbuh optimisme di dalam kehidupan.

PFH : Acara doa bersama, Pray From Home. RED

“Semoga kejadian luar biasa covid-19 ini disegerakan berakhirnya. Sebagai orang beriman kita yakin hanya Allah SWT Tuhan Yang Maha Pencipta yang bisa menolong kita semua setelah semua usaha lahir kita lakukan,” jelas Yaqut.

Setiap bencana yang diturunkan Tuhan, sejatinya agar manusia bisa mawas diri dan kembali mendekatkan diri kepadanya, serta mengikuti petunjuk hidup yang diberikannya.

Sementara itu, Presiden Jokowi, menyampaikan, bangsa Indonesia bersama masyarakat di seluruh dunia masih terus berjuang untuk bebas dari pandemi covid -19. Penyebaran virus masih terus terjadi, pemerintah tidak bisa bekerja dan menyelesaikan masalah ini sendirian.

“Semua pihak harus kolaborasi bekerja sama, dan tolong menolong dan gotong royong untuk mengatasi ujian yang maha berat ini,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang setia terus membangun optimisme dan semangat kebersamaan dalam berbagai gerakan relawan sosial dan ekonomi demi meringankan beban masyarakat.

“Dalam menghadapi wabah ini, selain berbagai ikhtiar lahiriah kita juga wajib melakukan ihktiar batiniah, memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar beban diringankan, agar rakyat bangsa dan negara Indoneisa juga dunia segera terbebas dari pandemi,” kata Jokowi di akhir sambutannya.

Secara nasional doa dipimpin oleh masing-masing tokoh agama. Profesor Quraish Shihab (Islam), Pendeta Lipius Biniluk (Protestan), Kardinal Suharyo (Katolik), I Nengah Dana (Hindu), Bhante Pannyavaro (Buddha), dan Xs. Budi Tanuwibawa (Konghucu).

Inti dari doa mereka yaitu mohon kepada Tuhan Yang Maha Pencipta agar pandemi Covid-19 segera berlalu. Kedua, Memohon kekuatan dari Sang Khalik agar tenaga kesehatan TNI Polri dan semua unsur penegak Satgas Covid-19 diberi kekuatan. Ketiga, Memohon agar para pemimpin Bangsa Indonesia diberkati dalam kesehatan, kekuatan dan kearifan dalam memimpin.

Sementara itu di Jember banyak tokoh agama dan masyarakat serta media ikut menyaksikan secara daring.

FX Yiddi Purwa Mardianta, Humas dan Ketua Bidang Kesaksian Gereja Katolik Santo Yusup Jember, mengatakan, Pray from home menjadi semangat bersama bangsa Indonesia untuk menunjukan kepedulian dan keprihatinan, berdoa bersama bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Secara khusus kita berdoa untuk tenaga kesehatan, TNI, POLRI, Satgas Gugus Covid 19 dan relawan. Mereka berjuang dengan tulus ikhlas untuk menyalematkan bangsa ini dari pademi”, ungkapnya.

Diharapkan, doa ini sebaiknya tetap berlanjut. Tokoh Agama mengajak umatmya untuk berdoa setiap saat juga setiap hari secara khusus berdoa untuk pandemi ini agar segera berakhir.

Di bagian lain, Trisuwito, penyelenggara Binmas Kristen Kantor Kemenag Kabupaten Jember mengatakan, “mari kita kuatkan iman kita dalam doa bersama untuk pemulihan negeri ini dari Covid’19. Kita satukan hati untuk ikut peduli menolong saudara yang sedang sakit dan kita doakan untuk kekuatan dan semangat bagi tenaga kesehatan, aparat keamanan, satgas agar senantiasa kuat dan sehat selalu. Mari kita tetap mengikuti prokes dan anjuran pemerintah agar ekonomi Indonesia segera dipulihkan oleh pertolongan Tuhan Sang Pencipta Semesta”. RZE-RED

Post Comment