!-- Header -->
Komunitas Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan

Trah Hamengkubuwono Ke-7 Datangi Situs Biting Kutorenon

LUMAJANG – Irjen Polisi (Pur) Drs. RM Haka Astana Widya, SH, mendatangi Situs Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, pada Minggu, 15 Maret 2020, sekitar pukul 08.00 WIB. Sebelum ke Situs Biting, Purnawirawan bintang 2 yang masih trah Hamengkubuwono ke-7 ini bertemu dengan H. Faisal Rizal Kades Kutorenon.

Purnawirawan asal Sleman Jogjakarta ini memang datang ke Lumajang untuk melihat tempat yang dianggap punya nilai sejarah, termasuk ke Senduro dan Situs Biting dan ke Randuagung. Karena di sana terdapat Candi Agung.

Dikatakan, Irjen Polisi (Purnawirawan) RM Haka ini datang ke Situs Biting karena panggilan jiwa. Disamping itu juga karena peninggalan Raja Majapahit Timur ini (Arya Wiraraja) berupa Situs Bitin dianggap sudah mempunyai peradaban. Arya wiraraja dinilai seorang raja yang ahli stratak. Kehidupan keagamaan saat itu damai, maju secara ekonomi, serta kuat dalam hal pertahanan.

KUNJUNGI SITUS BITING : Trah Hamengkubuwono VII, saat mengunjungi Situs Biting. Terlihat rombongan bersama Kades Kutorenon, Faisal Rizal di Petilasan Arya Wiraraja (Raja Majapahit Timur/ Lamajang Tigang Juru). DIN

Hal ini dibuktikan dengan adanya benteng seluas 135 hektar yang dikelilingi sungai. Ia datang ke tempat bersejarah, terutama di Situs Biting agar tidak melupakan sejarah kebesaran para pendiri daerah ini. Terutama anak anak muda sebagai penerus untuk tidak melupakan sejarah bangsanya sendiri. Apalagi, saat ini kaum muda milenial mulai kurang berminat mempelajari sejarahnya sendiri.

Sebelum meninggalkan Situs Biting, Faisal Rizal menyerahkan buku rangkuman sejarah Arya Wiraraja dan Situs Biting. Didampingi Sugiyo, Pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Kutorenon dan Junaedi Abdillah (Perangkat Desa Kutorenon) sebagai kenang-kenangan atas kunjungannya ke Situs Biting. RED

Post Comment