!-- Header -->
Lumajang Pariwisata Politik & Pemerintahan

Tumpak Sewu Siap Dibuka Lagi

LUMAJANG – Sejumlah pengelola wisata di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, melakukan persiapan dalam menghadapi New Normal termasuk wisata panorama Tumpak Sewu, Kecamatan Pronojiwo.

Beberapa fasilitas sarana-prasarana tampak sudah dilengkapi oleh pihak pengelola wisata tesebut. Tempat wisata panorama Tumpak Sewu unggulan Lumajang ini sudah siap untuk kembali dinikmati oleh para pengunjung.

Perlengkapan cuci tangan dengan sabun di beberapa titik jalur menuju lokasi wisata, sudah disiapkan. Instruksi agar para pengunjung wisata tidak bergerombol di antrian loket tiket juga suah dipasang. Bahkan, alat pendeteksi suhu tubuh disediakan. Dengan demikian, pengunjung yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derjad celcius tidak diperkenankan masuk.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah), mengatakan pengelola wisata Panorama Tumpak Sewu telah melengkapi fasilitas sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Meski demikian, Bunda Indah belum bisa menyampaikan kapan objek wisata ini mulai dibuka kembali.

“Berbagai persiapan bagaimana protokol kesehatan sudah dilaksanakan. Misalnya di tempat tiket sudah ditandai jaga jarak, disiapkan handsanitizer atau tempat cuci tangan dengan sabun. Untuk dibuka kembali, segera mungkin,” ungkapnya di lokasi Wisata Panorama Tumpak Sewu, Kamis (18 Juni 2020).

Para pengunjung tetap diwajibkan menggunakan masker. Pengunjung yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan dilarang masuk ke lokasi wisata. Mereka diminta mematuhi aturan protokol kesehatan.

Pengelola wisata Panorama Tumpak Sewu, Abdul Karim mengaku sudah melakukan persiapan menyambut New Normal. “Kami sudah melakukan perbaikan akses jalan menuju lokasi, perawatan, penambahan MCK, dan tempat cuci tangan. Kita juga sudah siapkan dan atur batas-batas pengunjung. Dan pengunjung yang tidak menggunakan masker, dilarang untuk masuk ke lokasi wisata Panorama Tumpak Sewu”, pungkasnya.

TUMPAK SEWU LUMAJANG TAMPAK BEGITU INDAH. (Lumajangkab).

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten MalangProvinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih[1] yang berhulu di Gunung Semeru.

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten LumajangProvinsi Jawa TimurIndonesia. Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan.

Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang – Malang atau sebaliknya, biasanya beroperasi mulai 07.00 – 16.00 WIB. (https://id.wikipedia.org/wiki/Air_Terjun_Tumpak_Sewu).

Post Comment