!-- Header -->
Pendidikan dan Agama

UNESA Dirikan Kampus Di Magetan

MAGETAN-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus mengembangkan sayapnya, dengan mendirikan Kampus Baru di wilayah Kabupaten Magetan. Kamis ( 22/9/22), merupakan tonggak sejarah bagi proses pembangunan kampus yang berlokasi di Jalan Barat Kelurahan Maospati Kecamatan Maospati.

Peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kampus UNESA di Magetan dilakukan bersama-sama oleh Bupati Magetan, DR. Suprawoto, Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. DR. Nurhasan, M.Kes, pimpinan DPRD serta jajaran forkopimda Kabupaten Magetan dan jajaran pejabat utama dilingkup Universitas Negeri Surabaya.

Dijadwalkan pembangunan gedung kampus Unesa itu rampung pada Desember 2022, dan tahap ke dua selesai bulan Juni 2023. Sehingga diharapkan tahun ajaran 2023 kampus Unesa sudah siap digunakan untuk perkuliahan.

Hadirnya kampus Universitas Negeri Surabaya di Magetan, diharapkan bisa mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Magetan di bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Tinggi.

Di sisi lain, keberadaan kalpus Unesa akan memberi peran strategis dalam memajukan Kabupaten Magetan di segala sektor.

Rektor UNESA, Prof. DR. Nuhasan, M. Kea., yang akrap disapa Cak Hasan menuturkan, untuk menghadapi ketidak pastian isyu global maka diperlukan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang siap bersaing dan memiliki daya juang tinggi.

Dikatakannya, untuk menjawab tantangan global tersebut diperlukan kolaborasi antara Unesa, Pemerintah Daerah dan DPRD serta seluruh stakeholder yang ada.

Sementara itu, Bupati Magetan, DR. H. Suprawoto menjelaskan, bahwa hadirnya UNESA di Magetan bukan hanya memecahkan permasalahan di Magetan dan sekitarnya, tetapi ini juga memecahkan permasalahan yang dihadapi bangsa dalam hal pemerataan pembangunan termasuk dunia pendidikan.

Bupati mengungkapkan, bahwa untuk mendukung berdirinya kampus Unesa di Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan menyediakan 13,4 Ha lahan. Pemkab juga akan merenovasi pintu utama stasiun Magetan menjadi lebih besar sehingga mahasiswa dari luar kota lebih mudah dalam akses transportasi.

Hal yang menarik, bahwa kuliah di Magetan didukung lingkungan yang masih asri dan tenang, serta biaya hidupnya masih sangat murah.

Menurut Bupati, alasan dipilihnya lokasi di Maospati, karena hasil kajian yang mendalam dari UNESA, Maospati adalah wilayah melting yang mudah dijangkau oleh calon mahasiswa dari wilayah lain.
” Nantinya yang akan kuliah di Unesa ini dari seluruh Indonesia, oleh sebab itu dicarikan daerah melting, artinya daerah yang dekat dan mudah dijangkau dari wilayah lain,” pungkasnya.
(Ddn//Sumber: Diskominfo Kabupaten Magetan).

Post Comment