Advertisement
!-- Header -->
Ekonomi Lumajang

Unik, Ambil Zakat Fitrah Pakai Protokol Kesehatan

Advertisement

LUMAJANG – Hari ini Senin, 20 Mei 2020, Kepala Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, H. Faisal Rizal sekeluarga, membagikan beras zakat fitrah kepada masyarakat Desa Kutorenon, di rumahnya.

Pembagian zakat fitrah berupa beras ini berlangsung sejak pukul 12.00 WIB hingga selesai sore nanti. Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka pembagian beras zakat fitrah dilakukan bertahap dan diusahakan tidak terjadi berkumpulnya masa. Dengan dengan pembagian seperti ini maka tidak ada pengumpulan masa.

Satu persatu masyarakat Kutorenon yang sudah memegang kartu penerima tinggal menukarkan kartu tersebut kepada panitia yang sudah dibentuk.

Unik dan menariknya, sebelum mangambil beras zakat fitrah ini, penerima dipersilahkan mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun yang sudah tersedia di depan rumah Kades, jaga jarak, lalu periksa suhu dengan Thermogun

“Kalau ada yang kondisinya kurang fit atau suhu badannya tinggi atau panas misalnya, kita siap bawa ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan”, ujar Kang Roy, panitia pembagian zakat fitrah.

Menurut Panitia yang lain, Abdilah, ini merupakan tradisi keluarga Kades Kutorenon sebagai bentuk kepedulian dan kewajiban mengeluarkan zakat fitrahnya kepada yang berhak menerima.

BAGI ZAKAT DENGAN PROTOKOL KESEHATAN : Keluarga Besar Kades Kutorenon berbagi zakat dengan menggunakan protokol Kesehatan. RED

Informasi yang dihimpun, beras yang disediakan oleh Kades Kutorenon, H. Faisal Rizal untuk zakat fitrah mencapai  950 bungkus. Dibagikan kepada yang berhak menerima di 5 Dusun Desa Kutorenon. Di kupon penerima sudah tertulis “pakai masker”.

Ketika hendak dikonfirmasi pembagian zakat ini, H. Faisal Rizal, enggan berkomentar panjang lebar. Dia mengaku hanya melanjutkan kebiasaan yang dilakukan orang tuanya.

“Ini tradisi dan kewajiban dari keluarga besar Pak Inggi Kutorenon kepada sesama yang berhak menerima. Itu saja,” ungkap Abdilah. Saat ini, pembagian zakat fitrah di rumah Kades Kutorenon masih berlangsung. RED

Post Comment