!-- Header -->
Vaksinasi MR Penting Untuk Memutus Penularan Virus Campak dan Rubella
Kesehatan

Vaksinasi MR Penting Untuk Memutus Penularan Virus Campak dan Rubella

LUMAJANG, PEDOMANINDO.com – Kadinkes Pemkab Lumajang, dr. Triworo, mengatakan, kegiatan vaksinasi MR itu sangat penting untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Wabah campak tidak bisa diremehkan karena bisa terdampak komplikasi, baik gangguan pertumbuhan maupun penyakit berbahaya lainnya”, ungkap dr. Triworo.

Penyakit ini menurut Triworo dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh bayi, terutama ketika menyerang ibu hamil di usia kandungan kurang dari lima bulan.

“Sejumlah organ yang berisiko mengalami kerusakan akibat rubella ini di antaranya otak, hati, paru-paru, mata dan telinga,”ujarnya.

Sementara itu dokter spesialis anak, dr Retno, menjelaskan, kegiatan imunisasi ini sangat penting diikuti oleh masyarakat khususnya anak. “Apalagi di RSUD dr. Haryoto Lumajang saja ada 5 pasien yang ditemukan terdampak MR,” ujarnya.

Dikatakan, anak yang sakit tidak diperkenankan untuk mengikuti vaksin.”Karena yang kita lakukan ini demi anak. Maksud pemerintah baik, yaitu menyelesaikan masalah. Anak yang terserang HIV juga tidak boleh ikut”, paparnya.

Triworo menggaris bawahi, imunisasi MR tidak ada kaitannya dengan meninggalnya siswi SDN Jogoyudan 2 beberapa waktu lalu.FIK