!-- Header -->
Peristiwa

Wabup: Akan Koordinasi Atasi Curah Hujan Tinggi

Ngawi — Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko menyampaikan, bahwa Pemkab Ngawi akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, berkait curah hujan yang mengalami peningkatan. Ini mengakibatkan terjadinya luapan dan genangan air di sejumlah jalur lalu lintas jalan raya Provinsi.

Penjelasan Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko itu, disampaikan usai meninjau beberapa titik pintu saluran air dan bendungan di Kecamatan Padas, Rabu (12/1/22) bersama leading sector terkait.

Wabup Ngawi, mengatakan kunjungan ini untuk meninjau titik pintu saluran air dan bendungan atau DAM yang selama ini menjadi pusat pengendali air hujan untuk kepentingan irigasi pertanian maupun yang lainnya.

“Jadi setelah kita lakukan pengecekan di beberapa titik, untuk jangka pendek tindakan kita meminimalisir agar tidak terjadi luapan air di jalan saat hujan. Kemudian jangka panjangnya pembenahan di beberapa titik seperti embung, saluran dan bendungan (DAM) dengan pelebaran saluran air, sehingga memperluas debit air yang lewat.

Sedangkan, bendungan atau DAM tidak hanya kita fungsikan untuk pertanian tetapi juga dimanfaatkan sebagai pengendali air saat hujan lebat,” jelasnya.

“Jadi untuk percepatan penanganan ini, akan segera dilakukan inventarisasi fungsi pintu pengendali air dan sejumlah tempat yang mengalami pendangkalan. Dan, segera kita akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim,” tandasnya.

Wabup Ngawi berharap dengan kegiatan ini, bisa segera dilakukan penanganan cepat sehingga tidak terjadi luapan dan genangan air di jalan saat hujan lebat.

“Dengan begitu, tidak akan menggangu pengguna jalan dan masyarakat,” pungkasnya. (Ddn//sumber Diskominfo Kabupaten Ngawi)

Post Comment