!-- Header -->
Suara Desa

Wabup Berharap Tradisi Bersih Desa Pacu Perekonomian

Advertisement

 

MAGETAN—Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti berharap, tradisi bersih desa di Kelurahan Sarangan, berdampak positif bagi perekonomian rakyat. Demikian disampaikannua saat upacara “Labuhan Sarangan” di tengah Telaga (danau) Sarangan, Jum’at (18/03/22) pagi.

Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti, menyampaikan selamat atas kegiatan sakral yang dilaksanakan setiap tahunnya. “Semoga niat labuhan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT, tanpa mengurangi makna dan kesakralan, sehingga kegiatan ini tetap mendapat ridho dan memberikan dampak ekonomi bagi warga Kelurahan Sarangan,” harapnya.

Lebih lanjut, Wabup berpesan, Labuhan Sarangan ini sebagai wujud syukur dan doa. “Saya berharap semoga semua diberi kesehatan, kemudahan, kelancaran, dalam mengoptimalkan potensi wisata Sarangan, sehingga para pelaku usaha maju dan rejeki melimpah,” pungkasnya.

Upacara Labuhan Sarangan merupakan satu tradisi yang rutin dilakukan masyarakat Kelurahan Sarangan sebagai satu rangkaian kegiatan bersih desa yang dilakukan pada hari Jumat Pon di bulan Ruwah.

Labuhan Sarangan tersebut, akhir-akhir ini, juga termasuk bagian dari rangkaian Calendar of Event (CoE) Kabupaten Magetan.

Upacara ini merupakan tradisi yang digunakan masyarakat setempat sebagai media untuk meminta keselamatan dan mengucap syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diterima.

Gebyar Labuhan Sarangan yang biasa digelar menjelang Ramadhan di obyek wisata Telaga Sarangan kali ini digelar terbatas, dan hanya diikuti masyarakat Kelurahan Sarangan dan sekitarnya, karena harus mematuhi Prokes Covid-19.
(Ddn// Sumber Data dari Prokopim)

Post Comment