Advertisement
!-- Header -->
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Wali Kota Optimis Kelurahan Kanigoro Juara

MADIUN KOTA—Wali Kota Madiun, Maidi merasa optimis, bahwa Kelurahan Kanigoro akan keluar sebagai juara Lomba Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 ini.

Hal itu, diungkapkan Wali Kota saat Tim Penilai Jawa Timur melakukan penilaian lapang, Jumat (17/06/22).

‘’Tentu saja optimis menang. Persiapan kita sudah 100 persen. Kelurahan-kelurahan di kota kita sudah dikenal juara-juara,’’ ujarnya mantap.

Optimisme aeali Kota cukup veralasan, mebgingat tahun lalu, Kelurahan Banjarejo berhasil memenangi lomba kelurahan terbaik 2021. Karenanya, Kota Madiun berstatus juara bertahan kali ini. Setidaknya, ada empat kelurahan yang masuk nominator dan dilakukan kunjungan lapang.

Pada tahap penilaian lapabg ini, ada 4 kelurahan menjadi nominator, yaitu, Kelurahan Kanigoro Kota Madiun, Surabaya, Blitar, dan Kediri.

Wali Kota menyebut persiapan sudah dilakukan sejak beberapa minggu yang lalu. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu kali terakhir meninjau persiapan, Kamis (16/6) kemarin atau sehari sebelum penilaian.

‘’Kalau ini menang, kita persiapan ke nasional. Memang kita persiapan betul. Ini penting karena tempat yang berhasil mengukir prestasi akan membawa perkembangan akan membawa peningkatan perekonomian,’’ terangnya.

Sebab, kelurahan yang menang akan menjadi jujukan studi tiru. Artinya, ada banyak kunjungan ke kelurahan tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Timur, Mochammad Wahyudi menyampaikan, bahwa semua indikator penilaian sudah terpenuhi di Kelurahan Kanigoro.

Dia mengakui Kelurahan Kanigoro cukup bagus. Hal itu terlihat dari penilaian administrasi dan peninjauan lapang di awal. Kelurahan Kanigoro sudah mengalahkan ratusan kelurahan lain untuk bisa sampai di tahap ini.

‘’Ada 777 kelurahan di Jawa Timur. Bisa masuk nominator, tentu sudah luar biasa,’’ ungkapnya.

Wahyudi menambahkan untuk lolos dari tahap penilaian administrasi juga tidak mudah. Kelurahan yang mengikuti wajib memenuhi status kelurahan cepat berkembang. Itu merupakan status paling tinggi. Setelah itu, tim kelurahan berhak mengikuti tahap presentasi hingga menyisakan empat kelurahan. Kelurahan Kanigoro termasuk di dalamnya.

‘’Pemerintahan di kelurahan ini harus selalu baik. Harus selalu bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Nah, lomba kelurahan ini salah satu upaya kami menjaga itu,’’ pungkas Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur itu. (Ddn//sumber : Diskominfo kota Madiun)

Post Comment