!-- Header -->
Lumajang Peristiwa Politik & Pemerintahan

Warga Terdampak Erupsi Datangi Kantor Dewan Lumajang

Advertisement

LUMAJANG – Warga Dusun Kamar Kajang dan Dusun Kampung Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yang tergabung dalam Paguyuban Peduli Erupsi Gunung Semeru, Kamis (19/1/2022), mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Lumajang di Wonorejo dan Kantor Bupati Lumajang.

Mereka didampingi tiga kuasa hukum. Tujuannya adalah permohonan hearing dengan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Lumajang. Sayangnya, di sana tak ada satu pun anggota dewan yang terlihat. Menurut informasi, mereka sedang melakukan kegiatan di luar.

Kepada sejumlah media, mereka menyodorkan surat permohonan yang diajukan kepada para anggota dewan. Isi surat tersebut antara lain berisi tentang adanya dugaan human error yang di lakukan oleh salah satu  CV di Desa Sumber Wuluh dengan membuat tanggul di lokasi tambang yang mengakibatkan meluapnya ke rumah warga, adanya dugaan atas ketidak sesuaian ijin tambang CV tersebut sebagaimana peraturan perundang undangan yang berlaku, serta adanya dugaan diskriminasi berupa tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh pihak CV kepada bapak Marpah dkk.

Sebagian warga Dusun Kamar Kajang dan Kampung Renteng ini ingin menyampaikan ke dewan untuk mengungkap fakta-fakta serta berdiskusi terkait isu-isu di masyarakat.

“Bahwa erupsi Gunung Semeru yang menenggelamkan sebagian rumah warga Kamar Kajang dan Kampung Renteng diduga ada human error yang di sebabkan dari aktifitas tambang pasir. Dalam tambang tersebut ada tanggu – tanggul buatan yang menghambat aliran dari atas. Seharusnya aliran lahar Semeru menuju ke bawah. Akan tetapi, pada tanggal 4 Desember 2021 tidak mengalir ke bawah tapi meluap ke utara hingga menenggelamkan rumah warga”, ujarnya.

Apabila permohonan hearing tidak ditanggapi oleh DPRD Kabupaten Lumajang, maka Paguyuban Peduli Erupsi Semeru ini akan mengajukan permohonan hearing ke DPR RI Jakarta.

“Apabila permohonan hearing kami tidak ada tanggapan, kami warga Dusun Kampung Renteng dan Kamar Kajang, akan mengajukan permohonan hearing kepada DPR RI Jakarta”, tandasnya.

Sementara itu, Seketaris DPRD Kabupaten Lumajang, Mahfudz, menjelaskan, permohonan hearing akan dilaporkan kepada pimpinan untuk di tindak lanjuti.

“Permohonan hearing kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Lumajang akan kami laporkan dan di tindak lanjuti. Yang bersangkutan akan menyampaikan di hearing terkait sebelum erupsi dan pasca erupsi Semeru”, ujarnya.

Disampaikan, anggota dewan hari ini sedang ada kunjungan komisi ke Surabaya, Batu, dan Malang. PUT

Post Comment